In TIPS DAN TRIK

Tips Deteksi Kopling Selip





Saat mengendarai mobil, Anda tentu pernah mengalami situasi di mana gigi transmisi manual sulit berpindah. Walaupun kopling dirasa sudah diinjak dengan baik. Jika Anda merasa bahwa persneling ke gigi 2 rasanya sama seperti menggunakan gigi 1, kemungkinan kopling mobil Anda mengalami selip.

Kopling selip bisa terjadi ketika sebuah mobil sudah digunakan selama hampir tujuh tahun dengan intensitas penggunaan yang tinggi. Perpindahan gigi yang sulit serta timbul suara adalah salah satu indikasi dari gejala mobil dari kopling selip. Masih banyak gejala lain dari masalah kopling selip ini. Nah, berikut tahapan mendiaknosa dini kopling yang selip.

Pertama, ketahui benar apakah Anda telah memindahkan transmisi ke gigi rendah saat melalui jalur yang menanjak. Cobalah mendiaknosa kopling selip ini pada jalan-jalan yang menanjak saat kondisi jalan sepi. Kondisi jalan yang sepi akan membantu Anda mendiaknosa jika kopling selip atau tidak. Selain itu, jalan sepi dipilih agar Anda tak menimbulkan macet.

Kedua, ketahui jika mesin berbunyi tak lazim atau tidak saat Anda melakukan akselerasi atau starting mesin. Bunyi ini semacam bunyi dari benda yang berputar terlalu keras.

Periksa apakah pedal mulai mengeras atau mengencang. Sehingga Anda membutuhkan tenaga lebih untuk menginjaknya. Kemudian, ketahui pula apakah pedal kopling mulai mengendur (los). Terutama saat pedal kopling sudah tak bisa lagi disetel ulang.

Anda juga bisa melakukan prosedur lain dengan mengaktifkan rem tangan, menyalakan mesin dan menginjak pedal kopling lalu atur transmisi ke gigi 4. Lepaskan pijakan pedal kopling secara perlahan dengan pedal gas tetap dipijak. Jika saat melakukan cara ini tak ada respon atau mobil tak bergerak sama sekali, artinya harus ada penggantian pada pedal kopling.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar