In TIPS DAN TRIK

Performa Mobil Tetap Oke Dengan Merawat Komponen-Komponen Ini




Kinerja mesin yang bagus tentu didukung oleh kinerja apik komponen-komponen lain mobil. Jika satu atau dua komponen saja sudah aus dan tidak bisa bekerja secara maksimal, bisa dipastikan performa mobil pun menurun.

Komponen yang sangat penting dalam menunjang kinerja mesin adalah filter udara. Ketika asupan udara terganggu, maka pembakaran jadi kurang maksimal dan konsumsi bahan bakar justru meningkat.

Filter udara sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 60 ribu kilometer. Jika mobil sering diajak melewati jalan berdebu, sebaiknya ganti filter udara sebelum jarak diatas agar kinerja mesin mobil tetap prima.

Oli atau pelumas mesin juga wajib diganti secara rutin. Oli yang telah keruh daya lumasnya berkurang. Anda bisa menandai gejalanya ketika suara mesin menjadi kasar. Jadi, gantilah oli tiap mobil telah menempuh jarak 6 ribu kilometer.

Komponen lain yang menunjang kinerja mesin adalah kanvas rem dimana komponen ini berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Sistem kerja komponen ini adalah bergesekan pada piringan cakram atau tromol.

Karena kanvas rem selalu bergesekan, maka ketebalannya pun akan menipis. Jika kanvas rem sudah tipis, pengereman jadi kurang pakem. Tentu saja hal itu sangat berbahaya.

Kanvas kopling juga tidak kalah penting peranannya dalam menunjang kinerja mesin. Kanvas kopling justru harus bekerja ekstra saat memutus atau menghantar daya dari mesin ke roda.

Bagian yang terakhir adalah suspensi mobil. Jika mobil sering melewati jalan berlubang , kinerja suspensi akan menurun. Suspensi yang rusak harus segera diperbaiki.

Air radiator harus di cek , Radiator berfungsi sebagai penetralisir pana pada mesin mobil. Air radiator yang habis selain dapat merusak mesin mobil, juga dapat mengancam keselamatan si pengendara. Hal tersebut terjadi karena mesin akan mengalami suatu keadaan yang memiliki panas berlebihan (Overheating). Anda harus selalu mengecek kondisi air radiator anda untuk memastikan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bersihkanlah filter karburasi Mesin yang susah bila di nyalakan merupakan kesalahan akibat filter karburasi yang kotor. Cara membersihkan filter karburasi cukup mudah, anda dapat mengunakan sikat gigi untuk menghilangkan kerak yang menempel serta kotoran yang ada pada saringan. Usahakan untuk tidak menggunakan hairdryer atau kompresor saat membersihkan filter karburasi karena dapat merusak lapisan yang ada di dalamnya.

keleman pengikat selang radiator yang berakibat kerusakan, pehatikan juga Klem / pengikat yang biasanya terbiat dari besi atau baja, memastikan selang tersambung dengan baik pada radiator. Karena pengikat radiator sangat vital dalam menjaga agar jangan sampai lepas dan bocor, pastikanlah bahwa pengikat tersebut cukup kuat namun tidak terlalu kuat yang justru akan membuat selang radiator sobek.

Pompa Oli juga harus di lihat, pompa oli komponen ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan pada sistem pendinginan mesin adalah pompa oli. Selain memompa oli menuju bagian mesin yang membutuhkannya, melalui proses ini mesin turut didinginkan. Terawatnya sistem pendingin dengan baik akan menambah rasa aman dan nyaman pada saat anda megendarai mobil anda.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar