Toyota Astra Motor (TAM)
mengakhiri Agustus 2016 dengan mencatat total penjualan ritel sebanyak 36.041
unit dengan market share 37,8%. Raihan ini naik secara
signifikan, yakni 67,1%, dari bulan sebelumnya.
Pencapaian Toyota pada bulan lalu
itu sejalan dengan pertumbuhan pasar ritel nasional yang juga mengalami
kenaikan. Namun, pertumbuhan yang dicatatkan Toyota jauh lebih baik
dibandingkan dengan pertumbuhan otomotif nasional.
Bulan lalu, pasar ritel nasional
membukukan penjualan 95.227 unit atau tumbuh 52,5%. Pertumbuhan tersebut
terdorong oleh adanya produk-produk baru di segmen entry MPV, yaitu Astra
Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra, sehingga segmen ini naik hampir delapan
kali lipat menjadi 13.208 unit.
"Kami bersyukur karena mampu
mencatatkan pertumbuhan sangat signifikan pada Agustus 2016, serta mampu
mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dengan market share 37,8%,"
ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam
siaran persnya kepada INILAHCOM, Senin (19/9/2016).
Menurut Henry, pencapaian positif
pada bulan lalu itu tidak terlepas dari peran pelanggan yang memberikan
kepercayaan dan kesetiaan pada produk, teknologi, dan layanan penjualan dan
purna jual yang dihadirkan Toyota yang sejalan dengan semangat Lets Go Beyond.
Tren penjualan yang positif ini,
lanjutnya, diharapkan dapat terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya,
sehingga Toyota dapat turut berperan dalam merangsang pertumbuhan pasar
kendaraan bermotor nasional.
Sepanjang Agustus 2016, hampir
semua segmen kendaraan Toyota, baik kendaraan penumpang (passenger car) maupun
kendaraan niaga (commercial vehicle) menorehkan pertumbuhan yang cukup
signifikan.
Pencapaian positif di segmen
passenger car Toyota didorong oleh baiknya kinerja penjualan ritel di segmen
MPV, SUV, dan compact car, yang berturut-turut tumbuh 108,7%, 21,4%, dan 3,9%.
Di segmen MPV, Toyota mencetak
rekor penjualan ritel tertinggi sepanjang tahun. Pada Agustus 2016, tercatat
sebanyak 25.368 unit kendaraan MPV Toyota telah terjual, jauh lebih tinggi dari
rata-rata bulanan sebanyak 18.000 unit. Pencapaian itu menjadikan market share
Toyota di segmen MPV pun melejit menjadi 58,5%.
Salah satu segmen yang memberikan
kontribusi besar terhadap kinerja Toyota di segmen MPV pada Agustus 2016 adalah
entry MPV Astra Toyota Calya, yaitu dengan penjualan ritel sebanyak 8.266 unit.
Komposisi terbesar penjualan
ritel Astra Toyota Calya pada bulan lalu masih berasal DKI Jakarta yaitu 27,2%,
dan diikuti Jawa Barat sebesar 17,9%, serta Jawa Timur sebesar 7,1%, sedangkan
sisanya tersebar di hampir semua wilayah di Tanah Air.
"Pasar Calya di daerah cukup
besar. Ini membuktikan bahwa kehadiran entry MPV juga sangat diminati oleh
masyarakat daerah-daerah," ujarnya.
Semua model di segmen MPV Toyota
mencatat kinerja positif. Penjualan Avanza di segmen low MPV, misalnya, naik
28,9% menjadi 9.762 unit, dengan market share 39,6% sepanjang bulan lalu.
Dari sektor SUV yang digawangi
Rush dan Fortuner, Toyota pun juga berhasil meraih penjualan ritel 4.306 unit.
Di segmen compact car, TAM membukukan total penjualan 4.804 unit pada bulan
lalu atau tumbuh sekitar 3,9% dibandingkan dengan pencapaian pada bulan
sebelumnya sebanyak 4.622 unit.
0 komentar:
Posting Komentar