Pertama kali
diluncurkan pada tahun 2013, Toyota Agya sukses menjadi trendsetter di segmen
Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu belum terkenal di Indonesia. Kesuksesan
Agya membuat beberapa pabrikan ikut meramaikan segmen LCGC. Setelah Toyota
Agya, munculah beberapa varian LCGC merek lain, seperti Suzuki Karimun Wagon R
serta Honda Brio. Konsep yang ingin dituangkan lewat LCGC Agya memang sangat
dipahami oleh PT Astra Toyota.
Toyota sukses
memperkenalkan wujud mobil LCGC dengan konsep city car yang memilki bodi kompak
dan lumayan profesional buat digunakan di wilayah perkotaan. Jika dibandingkan
dengan dua merek rivalnya, Suzuki Karimun Wagon R dan juga Honda Brio,
memanglah Toyota Agya mempunyai bodi yang nampak lebih mini. Tetapi perihal
tersebut malah jadi salah satu kelebihan yang dipunyai agya karena berbekal
bodi yang mungil tersebut menjadikannya sangat asyik saat diajak melaju di
jalanan perkotaan yang ramai.
Mobil toyota agya diciptakan untuk memberikan pilihan
terbaru bagi masyarakat kalangan menengah yang menginginkan mobil berkualitas
tinggi namun dengan harga murah. Seperti tema yang diusung nya, harga toyota
agya pun jauh dari kata mahal dan sangat sesuai bagi anda yang tinggal di perkotaan.
Keberadaan mobil murah kini semakin diminati masyarakat
Indonesia. Selain harganya yang murah, mobil-mobil LCGC ini juga masih nyaman
untuk digunakan sehari-hari. Toyota pun menjadi salah satu produsen yang
mendukung adanya mobil LCGC ini. Toyota Agya menjadi produk pertama yang
dikeluarkan Toyota untuk mendukung program mobil murah dan ramah lingkungan dari
pemerintah Indonesia. Lalu, apa kira-kira keuntungan dari mobil murah ini?
simak ulasan lengkap nya berikut ini ya.
Toyota agya disediakan untuk konsumen Indonesia dalam tige
tipe yakni tipe E, G dan TRD S. masing-masing tipe ini disediakan dalam pilihan
transmisi manual 5-percepatan dan 4-percepatan. Untuk tipe terendah yakni tipe
E sudah dilengkapi dengan grille dengan ornamen chrome, velg biasa berukuran 13
inci, power steering elektris, AC, dual SRS airbags, serta single din
integrated audio with CD/MP3/USB/AUX.
Tak hanya itu saja, tipe E ini juga sudah ditambahkan
adjustable headrest untuk penumpang belakang, power steering, power window pada
seluruh sisi jendela, seat belt pada semua jok dan terdapat 7 cup holder. Untuk
tipe G juga sudah dilengkapi dengan semua fitur yang ada pada tipe E namun velg
alloy yang digunakan toyota agya tipe ini berukuran 14 inci.
Mobil agya tipe G ini juga sudah ditambahkan velg alloy,
spoiler belakang, bingkai fog lamp, gagang pintu berlapis krom, molding samping
berlapis krom, audio double-din yang mampu memutar MP3 dan USB. Bahkan, sudah
ditambahkan pula pengontrol spion elektrik, MID (multi information display),
alarm, serta indikator Eco.
Secara mutu
Toyota Agya juga mempunyai standar yang lumayan bagus. Dari hasil uji kelayakan
yang dicoba oleh ASEAN NCAP, Agya memperoleh hasil yang cukup positif dengan
nilai 4 dari 5. Nyatanya, dengan hasil tersebut lama - lama anggapan miring
soal LCGC bisa terbantahkan. terlebih memandang kredibiltas ASEAN NCAP sebagai
badan sertifikasi keamanan mobil formal di Asia Tenggara. Selain tingkatan
kelayakannya yang telah bersertifikat formal, Toyota Agya juga mempunyai
performa dan fitur yang tidak kalah dengan LCGC keluaran pabrikan lain. Menjadi
salah satu pionir di segmen LCGC, Agya memanglah dibekali dengan spesifikasi
mesin dan kelengkapan fitur yang lumayan baik.
Dari segi eksterior nya, mobil agya tidak terkesan seperti
mobil murah dengan kualitas rendah. Mobil mungil ini bagaikan terlihat seperti
hatchback yang memiliki nilai jual cenderung tinggi. Selain itu, kualitas dari
interior toyota agya juga sangat bagus dibandingkan dengan mobil tipe sama
lainnya. Bisa dibilang, interior toyota agya ini hampir sama dengan MPV low
yang harganya jauh lebih mahal. Mobil ini pun banyak memenuhi ekspektasi para
konsumennya. Lalu, harga toyota agya sendiri yang tergolong murah juga menjadi
alasan para konsumen.
Tak hanya harga mobil agya saja yang menjadi satu-satunya
alasan utama para konsumen memilih mobil ini. performa mobil LCGC ini juga
sangat maksimal dibandingkan dengan mobil lain dari segmen yang sama.
Toyota Agya menggunakan mesin 1-KR berkapasitas 988 cc yang terdiri
dari 3 silinder segaris berteknologi DOHC 12 katup sanggup menghasilkan tenaga
maksimal mencapai 65 PS pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 86 Kgm
pada putaran 3.600 RPM yang
cukup profesional buat pemakaian di wilayah perkotaan. selain mesin yang
lumayan tangguh, toyota pun membekali agya dengan fitur - fitur mutahir
misalnya dual srs airbags, Audio DIN untuk tipe E dan G, AC, ISOFIX dan
electric mirror untuk versi Toyota Agya TRD S.
Nah, giliran toyota agya tipe TRD S yang kita bahas pada
bagian ini. untuk mobil agya tipe ini, sebenarnya memiliki fitur-fitur yang
sama dengan tipe G. namun agya tipe TRD S sudah ditambahkan dengan aero kit di
sekujur tubuh, serta sticker dan emblem TRD.
0 komentar:
Posting Komentar