In TIPS DAN TRIK

Review Mengenai CVT sebagai Salah Satu Sistem Transmisi




Berkembangnya teknologi membuat mobil modern semakin lengkap dengan berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah Continous Variable Transmission (CVT) yang merupakan sebuah sistem trasnmisi tanpa gigi persneling yang ada pada mobil bertransmisi manual atau otomatis konvensional. Sehingga untuk posisi gigi 1,2,3,4 akan tetap pada gigi satu, Anda pun tak perlu repot untuk mengoperasikan tuas persneling berkat adanya sistem ini.

Sedangkan untuk penggantiannya dilakukan dengan dua puli yakni puli penggerak dan puli yang digerakkan, kedua puli tersebut dihubungkan dengan belt (sabuk dari serat baja). Sistem CVT ini juga memiliki cara kerja yang cukup halus dan Anda tidak akan merasakn hentakan karena yang disebabkan proses perpindahan gigi.

Selain itu, kendaraan dangan sistem CVT memiliki keunggulan seperti lebih mudah dikendarai karena Anda tinggal bermain rem dan gas saja. Kemudian, akselerasinya juga lebih lembut dan tak akan mengalami hentakan ketika perpindahan gigi persneling.

Sistem CVT juga mempunyai engine brake yang kuat sehingga bila sedang melewati turunan, kerja rem mobil tidak akan terlalu berat bila dibandingkan mobil otomatis konvensional. Untuk keiritan bahan bakar sebenarnya cukup relatif. Mobil CVT bisa saja lebih irit bahan bakar karena adanya penggunaan rpm mesin yang relatif stabil dibanding mobil jenis lain.

Karena CVT memiliki sitem yang cukup rumit dibandingkan sistem lainnya, perbaikan harus dilakukan oleh teknisi yang mempunyai pengetahuan yang baik akan teknologi ini. Apabila mengalami kerusakan, maka dilarang untuk dikendarai karena berpotensi membuat mesin jadi mudah rusak.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar