In LATEST NEWS

Survei Menunjukkan Jika Mobil Autonomous Lebih Aman Dibandingkan Mobil Dengan Sopir Manusia




Beberapa waktu yang lalu, Transportation Research Institute, Amerika Serikat (AS) melakukan sebuah riset mengenai mobil otonomos. Pada riset tersebut, terbukti jika kecelakaan yang terjadi pada mobil otonomos disebabkan karena faktor manusia.

Meski kecelakaan yang terjadi lebih banyak jika dibandingkan dengan kecelakaan yang terjadi pada mobil konvensional. Dilansir dari Popular mechanics, ditemukan fakta menarik di mana tiap 1,6 juta mobil otonomos mengalami kecelakaan hingga 9,1 kali, sedangkan mobil konvensional hanya mengalami 4,1 kasus kecelakaan.

Survei ini pun dilakukan pada mobil otonomos yang diproduksi oleh dua produsen semenjak diluncurkan pada 2012 hingga 2015. Meski begitu, dari 12 kecelakaan yang terjadi, tidak satupun kasus yang disebabkan karena keselahan pada sistem di dalam mobil namun lebih karena faktor manusia. Dari fakta inilahah kemudian disimpulkan jika mobil otonomos lebih aman dikendarai jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

"Orang mungkin menyimpulkan bahwa mobil otonomos lebih berbahaya, tapi saya pikir tidak. Data telah menunjukkan hal tersebut," ujar Brandon Schoettle, salah satu tim peneliti.
Selainn itu, tim peneliti juga telah mencatat informasi-informasi penting dari hasil riset yang dilakukan.

"Mereka tampaknya lebih mungkin terlibat kecelakaan, tapi cedera yang terjadi sejauh ini tidak parah," tambahnya.

Fakta pertama yang berhasil diungkapkan adalah mobil otonomo baru dikendarai sejauh 1,6 juta km, sementara mobil konvensional telah melajus sebanyak triliunan km per tahun di Amerika Serikat saja. Lebih jauh, mobil otonomos juga belum diuji di jalanan dengan kondisi yang ekstrem seperti jalanan bersalju atau jalanan berbatu.

Kesimpulan yang bisa ditarik adalah hasil riset ini saja tidak mampu memberikan jawaban atas tingkat keselamatan mobil otonomos. Jawaban yang pasti soal keselamatan mobil masa depan ini mungkin baru benar-benar bisa didapatkan jika mobil otonomos sudah digunakan secara massal.

Tentu akan semakin ditunggu perbaikan dan penyempurnaan dari mobil masa depan ini ya.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar