In LIFE STYLE

Alasan Mengapa Sistem Setir Mobil di Indonesia Berada di Sebelah Kanan




Dalam berkendara di dunia ini terdapat dua sistem kemudi yaitu left-driving dan right-driving. Left-driving adalah sistem berkendara dimana pengemudi menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, hal ini mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kanan.

Sebaliknya, right-driving adalah sistem dimana pengemudi menggunakan lajur kanan untuk berkendara yang mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kiri.

Contoh negara yang menganut sistem left-driving adalah Jepang dan Australia. Sedangkan negara yang menganut right-driving adalah mayoritas negara bagian USA dan Cina. Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem left-driving.

Sistem left-driving diterapkan di Indonesia melalui banyak pertimbangan dan perhitungan. Berikut ini beberapa alasan mengapa Indonesia memiliki sistem left-driving.

Kebanyakan Mobil yang Dijual di Indonesia adalah Buatan Jepang

Banyak sekali produsen mobil luar negeri yang mengekspor mobil buatan mereka ke Indonesia. Terlebih lagi produsen mobil dari Eropa dan Jepang. Akan tetapi, mobil buatan Eropa kurang laku di pasaran Indonesia.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang jatuh hati pada mobil pabrikan Jepang. Alasannya karena harga yang terjangkau dan kualitas yang tak kalah saing.

Mobil buatan Jepang kebanyakan memiliki sistim left-driving yang kemudian menyebabkan kebanyakan pengguna mobil di Indonesia memilki posisi kemudi di sebelah kanan. Hal ini kemudian diterapkan pada seluruh mobil yang dieskpor ke Indonesia.

Letak Indonesia yang Dikelilingi oleh Negara Penganut Left-driving

Indonesia berada di antara negara-negara pesemakmuran seperti Australia, Singapura dan Malaysia. Negara-negara pesemakmuran ini memiliki sistim Left-driving yang mengikuti sistim kemudi di UK.

Hal ini tentunya mempengaruhi cara pandang masyarakat Indonesia pada umumnya, sehingga Indonesia juga mneganut sistim left-driving.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar