In TIPS DAN TRIK

Tips Mengenali Kopling Mobil yang Bermasalah





Merawat mobil memang tidak semudah yang selama ini dibayangkan. Kebanyakan para pemilik mobil hanya fokus dalam merawat mesin dan eksteriornya saja. Namun, pada kendaraan roda empat, kopling menjadi elemen yang sangat vital, terutama untuk mobil manual. Fungsinya untuk membantu perpindahan gigi perseneling, tentu sangat butuh perhatian yang baik. Seperti apakah kopling ini akan bereaksi jika sudah mengalami kerusakan?

Untuk mengetahui kerusakan yang telah terjadi pada kopling mobil, Anda bisa mengenali tanda-tanda pada mobil kesayangan Anda. Salah satunya adalah ketika putaran rata-rata mesin semakin naik. Pada kasus ini, kecepatan putaran mesin normalnya mencapai 60 km/h pada gigi 3. RPM yang bisa dicapai pun hanya mencapai 2000 rpm. Jika kopling rusak, khususnya pada plat koplingnya, RPM ini bisa naik hingga 3000 rpm.

Tanda kedua bisa dirasakan adalah ketika mobil sedang melewati jalan naik atau tanjakan. Biasanya akan tercium bau gosong menyengat karena kampas kopling yang selip. Lebih parahnya lagi, mobil bisa saja sampai tidak kuat memasuki tanjakan tersebut.

Tanda selanjutnya yang bisa muncul adalah mesin terasa lebih berat dan menderu keras ketika akan melaju di jalanan. Tanda ini pun juga akan terasa saat melepas kopling. Ada lagi, biasanya kecepatan akan naik dengan sangat lambat. Atau yang lebih parahnya, mobil tidak akan bisa dijalankan sama sekali.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar