In TRAVELLING

Tips Mengganti Ban Mobil Saat di Perjalanan




Momen yang paling menyenangkan untuk dihabiskan bersama keluarga adalah berlibur ke suatu tempat di mana Anda dan keluarga bisa melepas rasa penat setelah beberapa hari bekerja. Apalagi jika Anda berkendara menggunakan mobil Toyota kesayangan Anda, pasti suasana liburan Anda menjadi momen yang tak terlupakan. Namun, bagaimana kalau tiba-tiba ban mobil Anda bocor di perjalanan? Apa yang harus Anda lakukan untuk mengganti ban mobil Toyota Anda? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut ini.

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika hendak mengganti ban mobil Toyota kesayangan Anda adalah dengan mempersiapkan keamanan mobil. Hal ini bertujuan untuk memberi tahu kepada pengguna jalan lain apabila Anda sedang melakukan penggantian ban mobil. Seperti yang dilangsir di dalam laman teknovanza.com, Anda harus memarkirkan mobil Toyota kesayangan Anda di sisi jalan atau mencari sebuah tempat dimana tempat tersebut rata dan cukup luas.

Mengapa harus seperti itu? Untuk menghindari jalanan yang cukup ramai, pemilihan sebuah tempat yang cukup luas sangat perlu Anda pertimbangkan. Persiapkan juga keamanan mobil Toyota Anda yang lainnya seperti kayu atau batu untuk menahan mobil jika Anda berada di tanjakan, lampu hazard, serta segitiga pengaman.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan umum, seperti ban cadangan yang sudah Anda sediakan sebelumnya, kunci roda, serta dongkrak mobil. Nah, ketika Anda sudah siap dengan perlengkapan yang sudah ada, langkah selanjutnya adalah dengan membuka penutup roda. Gunakan kunci roda untuk mengendorkan baut-baut roda. Pelajari buku manual mengenai penggunaan dongkrak mobil pada posisi yang telah disarankan. Apabila posisi dongkrak sudah tegak lurus dengan tanah, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menaikkan dongkrak hingga ban mobil Anda terangkat dan mudah dilepaskan nanti.

Lepaskan semua baut roda dan kumpulkan di satu tempat agar mudah dicari nanti. Setelah itu, tarik secara pelan-pelan ban mobil Anda dan posisikan tidur. Tempatkan ban cadangan mobil Anda pada posisinya dan dorong sampai masuk sambil menggoyangkan ban cadangan tersebut secara perlahan. Pastikan bahwa posisinya sudah pas. Setelah itu, pasang lagi baut ban mobil namun jangan dikencangkan dulu. Anda perlu menurunkan dongkrak hingga roda mobil menyentuh tanah. Nah, ini saatnya Anda mengencangkan baut menggunakan pola bersilang.

Nah, itu tadi tips singkat yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kebocoran pada ban mobil Toyota kesayangan Anda saat di perjalanan. Semoga bermanfaat! 


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar