Sejak Toyota Avanza pertama kali diluncurkan di
Indonesia, kritikan positif
terus diperoleh mobil dari kelas low
MPV ini. Banyak pula konsumen yang jatuh hati dan memutuskan untuk
menjadikannya sebagai mobil idaman keluarga. Kualitas Avanza memang tak
diragukan lagi, hal ini terbukti
dengan tingkat penjualan Avanza yang tak pernah surut. Toyota Avanza pun
menjadi model mobil yang paling digemari masyarakat Indonesia.
Berdasarkan data penjualan yang dilansir oleh Toyota
Astra Motor (TAM), sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 hingga
Maret 2015, Avanza telah terjual sebanyak 1.308.183 unit. Rekor penjualan ini
merupakan angka yang fenomenal dan belum bisa disaingi oleh mobil merk lain
yang juga diluncurkan di Indonesia.
Menurut Widyawati, Toyota Avanza sebenarnya diciptakan
bukan untuk menjadi fenomenal. “Waktu Avanza diluncurkan saya masih di divisi product planing, target penjualan Avanza
itu hanya 2.500 unit per bulan. Tapi ternyata cukup sukses, selama life cycle, 10.000 unit per bulan,"
ungkap General Manager Corporate Planning
& Public Relation PT Toyota Astra Motor,
Widyawati, pada Kamis 20 April 2015 di Jakarta sesuai kutipan dari kompas.
Ia juga mengungkapkan bahwa pada generasi kedua Toyota Avanza,
Mulai banyak pesaing yang muncul. Namun, Toyota tetap gigih ingin menargetkan
penjualan sesuai pengalaman yakni sebesar 10.000 unit per bulan. Kerja keras
Toyota pun terbayarkan dan hingga saat ini penjualan bulanan Toyota Avanza tak
pernah di bawah 10.000 unit.
Toyota mengungkapkan bahwa penjualan Avanza pada bulan
Maret ini telah mencapai 13.120 unit dengan marketshare
di low MPV mencapai 52,6 persen.
Angka ini tentu cukup memuaskan karena jauh melebihi target. Di samping itu, Avanza mampu menguasai marketshare pasar low MPV melebihi 50 persen.
"Peredarannya sudah sangat banyak sekali, hingga
sanggup membentuk negara sendiri, Avanzanation. Sebenarnya ini bukan Toyota
yang hebat tapi konsumennya. Pengembangan Avanza selalu berdasarkan masukan
konsumen, pengembangan ada di produk dan event. Sebenarnya konsumen yang
hebat," tutur Widyawati dengan penuh bangga.
0 komentar:
Posting Komentar