In TIPS DAN TRIK

Tips: Cara Mudah Lakukan Pengecekan Kerusakan Pada Bearing Roda




Bearing roda adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai bantalan roda (ban) agar roda bisa berputar. Terutama roda depan yang memang merupakan bagian komponen mobil yang penting. Pemilik kendaraan harus cermat dan selalu memeriksa kondisi bearing secara rutin karena kerusakan pada komponen ini bisa menyebabkan masalah yang serius.

Nah, Anda bisa mengetahui gejala dari kerusakan bearing roda ini dengan cara-cara berikut.

Yang pertama adalah dengan menandainya dengan suara gemuruh, bila semakin tinggi kecepatan mobil maka akan semakin berisik suaranya. Bila menemukan tanda ini, Anda harus waspada akan kerusakan yang mungkin terjadi pada bearing roda depan. Hal ini karena bearing roda depan lah yang cukup sering bermasalah dan karena suara masuk ke kabin saat mobil mencapai kecepatan 40-50 km/jam.

Cara yang kedua adalah dengan mendongkrak mobil. Kemudian putarlah roda tersebut dengan tangan. Ketika roda sedang berputar, peganglah shock breaker atau low arm. Cobalah untuk merasakan apakah terasa bergetar atau terjadi gesekan logam bila tidak diberi pelumas. Bila memang terasa bergetar tanpa pelumas, maka bisa dipastikan jika bearing roda mengalami masalah atau rusak.

Cara yang terakhir adalah dengan mengangkat roda dengan dongkrak dan memegang roda dengan tangan Anda. Kemudian, gunakan satu tangan untuk memegang bagian atas ban dan tangan lain untuk memegang ban bagian bawah. Kemudian gerakkanlah tangan Anda, bila terasa ada gerakan yang tak wajar dari (oblak) maka bearing roda sudah dipastikan mengalami kerusakan dan harus diganti.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah segera membawa mobil ke bengkel resmi Toyota atau bengkel terdekat sehingga bisa menghindari masalah yang lebih serius lagi.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar